-->

Jumat, 09 Agustus 2024

Melirik Potensi Ekonomi IKN Untuk Soppeng, Pasangan SUKSES Buka Peluang Via Garongkong

Melirik Potensi Ekonomi IKN Untuk Soppeng, Pasangan SUKSES Buka Peluang Via Garongkong


Soppeng, Sigapnews.com- Posisi geografis Kabupaten Soppeng yang dekat dengan Ibukota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, melahirkan gagasan maju oleh Pasangan Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Soppeng, Haji Suwardi Haseng, SE - Ir. Selle KS Dalle. 

Pasangan yang bertagline Sukses itu akan membuka kantor perwakilan dagang di IKN saat menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Soppeng 2025 - 2030. 

"Kita harus memanfaatkan posisi geografis kita yang tergolong dekat dengan IKN. Soppeng punya segalanya terutama kebutuhan pangan yang dibutuhkan IKN," kata Suwardi Haseng, beberapa waktu lalu. 

Dengan adanya Kantor Dagang di IKN kata pengusaha perminyakan ini, akan memudahkan para pelaku ekonomi di Soppeng untuk menembus pasar IKN. 

"Ada jutaan penduduk baru yang akan tinggal di IKN. Mereka semua membutuhkan bahan pangan, Kalimantan tentu tak bisa memenuhi semuanya dan Soppeng adalah yang terdekat dan mampu menyediakannya. Pembukaan kantor perwakilan dagang akan memudahkan kita menembus pasar di sana," tambahnya. 

Suwardi menghitung kebutuhan pangan seperti beras misalnya sangat tinggi di IKN. 

"Ada jutaan penduduk baru yang butuh beras dan Kalimantan tentu tak bisa memenuhinya. Soppeng adalah lumbung pangan terdekat. 

"Kita bisa memanfaatkan itu secara maksimal dengan intervensi pemerintah daerah," katanya. 

Pengamat Kebijakan Publik dari Makassar, Dr. Anshari Tajuddin, menyebut ide pembukaan kantor dagang untuk mempercepat pemasaran produk daerahnya adalah ide brilian dari Pasangan Sukses di Soppeng. 

"Saya baru mendengar ada ide cerdas dari seorang Paslon Kepala Daerah seperti itu. Secara riil itu memang strategis karena Soppeng punya dua keuntungan dengan IKN ini, pertama dari sisi geografis Soppeng dekat dan dari sisi kemampuan menyediakan bahan pangan, Soppeng juga sangat bisa. Kita tahu daerah ini adalah salah satu lumbung beras di Sulsel dan Indonesia," katanya.

Menurutnya, ide itu mudah diwujudkan karena memang jalur distribusi Soppeng ke IKN kelihatan tak sulit. 

"Pengusaha Soppeng bisa memanfaatkan keberadaan Pelabuhan Garongkong di Barru, menaikkan truk di sana lalu langsung turun di Pelabuhan Balikpapan atau IKN, sepertinya tak sampai 12 jam sudah sampai," tambahnya. 

Menurutnya, beberapa bahan pokok sangat mungkin dipasok Soppeng seperti beras, sayuran, perkebunan, perikanan, telur, daging ayam hingga air bersih. (*)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved