-->

Sabtu, 25 Mei 2024

Bentuk Rasa Syukur dan Hormati Leluhur, Warga Desa Kesogo Gelar Tradisi Sedekah Bumi

Bentuk Rasa Syukur dan Hormati Leluhur, Warga Desa Kesogo Gelar Tradisi Sedekah Bumi


Bojonegoro, Sigapnews.com, Masyarakat Desa Kesongo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, menggelar tradisi sedekah bumi.

Sedekah bumi yang digelar di rumah Kepala Desa dan Pundi Agung desa setempat tersebut sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tradisi yang sudah turun temurun tersebut dikemas dengan kegiatan hari Jum’at malam (24/5/2024) pagelaran wayang kulit semalam suntuk dilanjutkan sampai Sabtu (25/5/2024), kirab budaya serta kenduri akbar dan langen tayub.

Kepala Desa Kesongo Kusnadi, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh lapisan masyarakat, karena acara Sedekah Bumi dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.

“Semoga ke depan warga Desa Kesongo bisa semakin kreatif dan kompak, yang paling utama adalah warga tetap rukun dan guyub,” ujarnya.

Dia berharap kepada warga, tetap semangat dalam bekerja dan semoga diberikan kesehatan dan dilimpahkan rezekinya dalam mengolah lahan pertanian.

“Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur terhadap rezeki yang didapat pada bidang pertanian, dan untuk menghormati para sesepuh serta leluhur yang babat Desa Kesongo,” pungkasnya.

Terlihat masyarakat desa setempat dan sekitar sangat antusias melihat sedekah bumi yang sangat meriah itu. Seperti Baser warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Sumberejo hadir untuk melihat sedekah bumi tersebut.

“Senang budaya, mangkanya jauh jauh datang melihat sedekah bumi di sini,” ucapnya. (*) 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved